Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Panas

Gelombang panas mulai terasa menusuk kulit. Berasa sekali begitu panas dan menyengat. Bagi tubuh kurang sehat dan fit akan terasa menyiksa badan saat perubahan cuaca akhir-akhir ini. Terlebih beberapa bulan kedepan akan mengalami perubahan cuaca.


Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Panas
Foto Sepatu Terkena Sinar Matahari


Di Indonesia sendiri hanya memiliki dua musim saja yakni musim hujan dan musim panas. Khusus musim panas tahun ini diperkiraan sangat panas sekali. Berikut tips menjaga tubuh agar saat musim panas terjadi.

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Panas


Ada beberapa tips buat kalian untuk menjaga badan tidak mudah ngedrop saat musim panas begini.

1. Pakai Kacamata

Jika kita ingin bepergian siang hari saat sinar matahari mulai menampakan kegagahannya baiknya kita memakai kacamata. Agar mata tidak terlalu silau dan perih.

Dengan kacamata pula dapat melindungi dari debu yang menurut survei totally Azmira blog debu dijalanan akan meningkat.

2. Pakai Payung

Saat siang hari tidak hanya bikin silau mata, akan tetapi sinar matahari membuat kepala kita panas akibat terkena sinar matahari.

Maka dari itu bawalah payung untuk melindungi kepala dan badan kita dari kepanasan. Alasan lain supaya badan kita tidak berkeringat berlebihan.

3. Keluar Saat Pagi Hari

Saat kita ada rencana akan keluar rumah saat siang hari baiknya mulai berpergian pada pagi hari agar terhindar panas matahari.

4. Pakailah Masker

Tidak hanya panas dan silau yang bakalan menerkam kita tapi juga debu dijalanan.
Pada musim panas begini debu dijalan akan sangat mudah berhamburan diudara. Baiknya kita memakai masker atau pakai buff. Supaya debu tidak terhirup dan masuk ke paru-paru.

5. Pakailah Jaket

Memakai jaket penting juga saat keluar dimusim panas. Mungkin tips diatas yang membawa payung tidak bisa dipakai oleh pria karena alasan klasik.

Untuk itu pakailah jaket untuk melidungi badan dari terpaan sinar matahari. Pakailah jaket yang tidak terlalu tebal supaya tidak berkeringat. Pakai sweeter atau kaos lengan panjang juga dapat kita pakai.

6. Jangan Berlebihan Minum Es

Dimusim panas begini minum es dengan perasa memang sangat aduhai sekali. Saat hamparan radiasi panas terhempas es sangat menyegarkan dan membuat tenggorokan merasa sensasi dingin.

Hal tersebut malah sangat berbahaya jika anda meminum es apalagi berlebihan. Baiknya seperlunya saja untuk minum es.

7. Banyak Minum Air Putih

Perbanyaklah minum air putih saat musim panas. Karena saat musim panas tubuh kita membutuhkan asupan cairan yang tinggi. Apalagi kamu pekerja lapangan, tips ini sangat wajib bagi kamu saat bekerja. Agar tubuh kita tidak dehidrasi dan
menjaga badan kita tetap stabil menghadapi cuaca yang sedang ektrim ini.

8. Berolahraga Rutin

Agar badan tetap fit dan bugar kita perlu berolahraga. Anda dapet mengatur jadwal kapan waktu luang untuk berolahraga. Tidak usah pergi ke gym kita lakukan yang mudah dan murah saja dulu. Seperti berlari, berenang, senam, bermain bola atau olahraga apapun yang anda senangi.

Lakukanlah pemanasan terlebih dulu untuk melenturkan otot-otot badan anda. Lakukanlah olahraga minimal seminggu sekali diakhir pekan atau kalau mampu 3 kali dalam seminggu. 

9. Makan Makanan Sehat

Makanlah makanan yang sehat dan segar. Perbanyaklah makan sayur dan buah. Jangan lupa juga minum vitamin yang dibutuhkan.

Tips ini tentu Anda sudah mengetahui bagaimana memilih makanan mana yang baik dikonsumsi untuk Anda sendiri. Mulailah perbanyak makan sayur dan buah.

10. Pergi Ke Dokter

Periksakan kondisi Anda saat badan mulai terasa sakit. Pada musim peralihan dari musim hujan ke musim panas, tubuh kita perlu dijaga kesehatannya.

Jika Anda telat mengantisipasi dan anda mengalami sakit segera berkunjung ke dokter. Konsultasikan apa keluhan Anda. Minumlah obat sesuai anjuran dokter. Jagalah kesehatan, karena kesehatan sangat berharga dari apapun.

Menjaga kesehatan di musim panas perlu anda lakukan karena perubahan cuaca begitu cepat dan perlu persiapan untuk antisipasinya. Persiapan yang tepat adalah dengan menjaga tubuh kita dengan berolahraga, makan bergizi dan tidur cukup.

Comments